Selasa, 06 Oktober 2020

Saatnya Guru Berbagi

 

BELAJAR KEKINIAN DI MASA PANDEMI COVID-19 BERSAMA RUMAH BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM 

Salam sehat, sahabat rumah belajar.

Apakah sahabat rumah belajar tahu apa itu model pembelajaran Blended Learning?

            Blended Learning merupakan model pembelajaran yang cocok diterapkan di masa pandemi COVID-19, dimana model ini dapat mengakomodasi perkembangan teknologi yang luas tanpa harus meninggalkan pembelajaran secara tatap muka (face-to-face) yang seyogyanya tidak dapat dilakukan dimasa pandemi saat ini. Secara sederhana blended learning adalah pembelajaran yang mengkombinasikan antara tatap muka dengan pembelajaran secara online dengan memanfaatkan berbagai macam media dan teknologi untuk mendukung belajar mandiri dan memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik.


Kira-kira media apa saja ya yang dapat mendukung model pembelajaran Blended Learning di masa pandemi COVID-19 saat ini?

        Pembelajaran secara tatap muka di masa pandemi COVID-19 dapat disiasati menggunakan aplikasi video confference seperti: Zoom, Cisco Webex, Google Meet, dan lain-lain. Sedangkan untuk media pembelajaran dapat menggunakan Aplikasi Google Classroom . Aplikasi Google Classroom merupakan sistem pembelajaran yang dikembangkan oleh Google untuk layanan pembelajaran secara online. Google Classroom ini dirancang untuk menyederhanakan pembuatan, pendistribusian, dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas. Juga disertai fitur yang dapat mengakomodir komunikasi secara interaktif antara guru dan peserta didik. Tidak heran, Google Classroom saat ini banyak digunakan di lingkungan instansi pendidikan karena sangat mudah dalam penggunaannya untuk menciptakan media pembelajaran online.

Menurut sahabat rumah belajar, dimana kita dapat mengakses sumber belajar online yang menarik ?

          Rumah Belajar adalah portal pembelajaran resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat diakses melalui URL https://belajar.kemdikbud.go.id. Dimana terdapat beberapa fitur menarik dan interaktif seperti Sumber Belajar dan Laboratorium Maya yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam menunjang proses belajar secara mandiri dimana saja dan kapan saja.

Berikut ini saya contohkan rancangan model pembelajaran Blended Learning berbasis Google Classroom dengan memanfaatkan fitur Rumah Belajar:


Tiga hal penting yang harus kita perhatikan dalam menerapkan model pembelajaran Blended Learning adalah:
1. Adanya interaksi positif antara Guru dengan Peserta Didik.
2. Guru harus senantiasa mendampingi peserta didik dalam proses pembelajaran.
3. Integrasi antara pembelajaran secaraonline dengan tatap muka.

Kiranya dapat menginspirasi sahabat rumah belajar sekalian. Ingat gunakan terus Rumah Belajar.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA TV EDUKASI

Situasi pandemi COVID 19 membuat pembelajaran tidak dapat dilakukan secara langsung. Pembelajaran Jarak Jauh merupakan solusi yang tepat unt...