Selasa, 13 Oktober 2020

Saatnya Guru Berbagi

 

PEMANFAATAN PORTAL RUMAH BELAJAR DALAM PEMBUATAN WEB PEMBELAJARAN GRATIS MENGGUNAKAN GOOGLE SITES



        Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang dimana pembelajaran secara tatap muka tidak mungkin dilakukan, guru dituntut untuk dapat menyediakan sumber belajar yang dapat dipergunakan oleh siswa untuk belajar secara mandiri di rumah. Salah satu media yang dapat kita gunakan adalah website.   

        Website sebagai salah satu media penyampaian informasi secara online, dapat kita manfaatkan dalam proses pembelajaran secara daring. Namun untuk pembuatan website sendiri disamping pembuat harus  menyiapkan dana untuk penyewaan hosting dan domain-nya, pembuat juga harus memiliki kemampuan coding yang baik untuk mengkreasikan isi konten website-nya. Walau sekarang banyak penyedia layanan hosting dan domain yang menyertakan template website yang dapat dikustomisasi, namun kita tetap harus mengeluarkan sejumlah dana untuk menyewa hosting dan domain-nya tersebut.  Google Sites sebagai tool yang dikembangkan Google menawarkan beberapa kemudahan, diantaranya:
  1. Gratis karena Google Sites disimpan pada domain Google, artinya hanya dengan memiliki akun Google saja kita sudah dapat menggunakan Google Sites untuk menciptakan website kita  sendiri.
  2. Mudah dibuat, artinya hanya dengan memasukkan teks kita dapat langsung membuat sebuah halaman web tanpa harus menguasai kemampuan coding terlebih dahulu.
  3. Dapat berkolaborasi dengan siapa saja untuk menyunting/ mengedit isi situs.
  4. Telah terintegrasi dengan perangkat google lain (Google Drive, Google Form, Google Doc, dan lain-lain).
        Untuk dapat mengakses Google Sites, kita dapat mengunjungi URL https://sites.google.com, kemudian login menggunakan akun Google yang kita miliki. Kemudian kita dapat melakukan kostumisasi terhadap tampilannya.
            Untuk isi web-nya sendiri dapat kita kolaborasikan dengan fitur-fitur di Rumah Belajar seperti: Sumber Belajar melalui URL https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id atau Laboratorium Maya melalui URL https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id dengan cara melampirkan tautan linknya pada halaman web yang kita buat. Melalui Google Sites, kita juga dapat melampirkan video Youtube kedalam halaman web kita. Televisi Edukasi sebagai salah satu produk Pusdatin Kemdikbud pada portal Rumah Belajar selain dapat diakses melalui URL https://tve.kemdikbud.go.id dapat juga kita akses melalui layanan Youtube.  Di dalam Televisi Edukasi banyak sekali konten pembelajaran berupa video, yang dapat kita gunakan sebagai bahan referensi untuk melengkapi web kita.
            Disamping pemilihan media yang tepat untuk menyampaikan konten pembelajaran kepada siswa, isi dari konten yang kita buat pun juga menjadi faktor utama yang menunjang terjadinya proses transfer knowlegde secara asinkronus di masa Pandemi Covid-19 saat ini. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat. Ingat gunakan terus Rumah Belajar!

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia






1 komentar:

  1. Luar biasa sekali Pak, terimakasih banyak untuk informasi yang bapak bagikan, sangat bermanfaat sekali Pak.

    BalasHapus

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA TV EDUKASI

Situasi pandemi COVID 19 membuat pembelajaran tidak dapat dilakukan secara langsung. Pembelajaran Jarak Jauh merupakan solusi yang tepat unt...